Senin, 11 Juni 2012

Nilai-nilai efisiensi,efektifitas, dan nilai jangkauan pada e-bisnis


Nilai efisiensi e-bisnis.
Manfaat paling cepat yang dapat diperoleh perusahaan yang terjun ke dunia e-bisnis
adalah perbaikan tingkat efiensi. Sebuah riset memperlihatkan kurang lebih 40% dari total biaya operasional perusahaan iperuntukkan bagi aktivitas penciptaan dan penyebaran informasi ke berbagai divisi terkait. Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi di dalam berbagai rangkaian bisnis sehari-hari, maka akan terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang biasa
dikeluarkan tersebut. Contohnya :
1.                  Email dapat mengurangi biaya komunikasi dan pengiriman dokumen.
2.                  Call center dapat mengurangi biaya pelayanan pelanggan.
Website dapat mengurangi biaya marketing dan public relation


Nilai efektifitas e-bisnis.
Manfaat ini dapat dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam
cara perusahaan melakukan aktivitas operasional sehari-hari.
a. Dengan dimanfaatkan e-technology perusahaan dapat berhubungan dengan pelanggannya
secara nonstop 24 jam.
b. Demikian pula dengan diterapkannya konsep e-supply chain, maka manajemen dapat
menaikkan tingkat layanan kepada pelanggannya.

Nilai jangkauan e-bisnis.

Teknologi elektronik telah memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan. Dengan menghubungkan diri ke internet, berarti perusahaan secara tidak langsung telah menghubungkan dirinya dengan ratusan juta calon pelanggan yang tersebar di berbagai belahan dunia.
Kemampuan ekspansi yang sedemikin mudah (menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa
memerlukan biaya yang relatif mahal, tentu saja merupakan keuntungan yang tidak ternilai
harganya bagi sebuah perusahaan.
Teknologi online memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan domain kerja sama
dengan mitranya secara signifikan. sehingga berbagai perusahaan-perusahaan skala besar,
menengah, dan kecil dengan mudahnya dapat saling berkolaborasi dan bekerja sama untuk
menciptakan produk maupun pelayanan yang semakin baik, tanpa harus memikirkan batasan
geografis maupun menyediakan sumber daya finansial yang sangat besar.
  • Transformasi Bisnis Tradisional Menuju E-Bisnis
  • Fenomena Pergeseran Pasar
  • Perubahan Bisnis Model

Tidak ada komentar:

Posting Komentar